oleh

Siaga Longsor, Lebih Baik Mengungsi!

radarlampung.co.id – Hujan deras menyebabkan jalan lingkungan yang menghubungkan Mulyasari dan C, Kelurahan Fajarbulan, Kecamatan Waytenong terputus, Rabu (7/11). Ini juga dipengaruhi kerusakan jalan di lokasi tersebut.

Selain sebagai jalan lingkungan, akses yang saat ini lumpuh total tersebut merupakan jalur alternatif menuju SMPN 1 dan SMKN1 Waytenong.

Sekretaris Kecamatan Waytenong Agus Hadi Purnama mengatakan, kerusakan jalan sudah beberapa kali dilaporkan. Pasalnya, jalur tersebut merupakan alternatif yang digunakan siswa dan warga.

Sementara Lurah Fajarbulan Iwan Darmawan menyebutkan, longsor mengancam rumah warga. Saat ini, titik longsor hanya berjarak sekitar satu meter dari pemukiman.

“Kejadian ini sudah kami laporkan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Sudah dicek bersama Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), juga konsultan,” kata Darmawan.

Pihaknya berharap BPBD Lambar segera bertindak. Paling tidak melakukan upaya dini mengatasi aliran air agar longsor tidak merembet hingga rumah warga.

Kepala BPBD Lambar Maidar mengatakan, secara teknis, penanganan sudah diserahkan ke Dinas PUPR. TInggal menunggu proses berikutnya.

Maidar mengungkapkan, pihaknya kesulitan mengantisipasi longsor. Sebab saat hujan, volume air semakin besar.

Karena itu, Maidar mengimbau agar warga mengungsi untuk sementara waktu. “Warga yang tinggal di lokasi longsor, lebih baik mengungsi dulu,” harapnya. (ius/ais)

Komentar

Rekomendasi