oleh

Waspada, Enam Kecamatan Ini Rawan Banjir!

radarlampung.co.id – Sejumlah titik pada enam kecamatan di Pesawaran rawan bencana banjir dan tanah longsor. Yakni Kecamatan Margapunduh, Punduhpedada, Walima, Gedongtataan, Wayratai, dan Padangcermin.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pesawaran Mustari mengatakan, pihaknya sudah berulangkali memberikan peringatan kepada warga. Terutama yang tinggal dekat bantaran sungai dan pantai.

”Untuk Waylima, ada lima anak sungai menjadi satu. Karena itu daerah tersebut langganan banjir. Namun sudah diantisipasi dengan pembangunan retaining wall. Yakni di Way Padangratu, Baturaja dan Kota Dalom,” kata Mustari.

Langkah lain yang dilakukan adalah normalisasi sungai secara menyeluruh sampai ke hilir. Termasuk memetakan hutan register seperti Register 19, Register 20 dan Register 21 yang sudah mengalami penggundulan akibat praktik illegal logging.

”Seperti Way Semah, Way Sekampung, Way Padangratu, Way Ratai, itu sungai besar. Justru anak-anak sungai seperti Way Rawa Kijing, Way Cengkuang yang perlu dilakukan normalisasi secara  menyeluruh,” sebut dia. (ozi/ais)

 

Komentar

Rekomendasi