oleh

Kepala Bappeda: Itera Jangan Sekedar Mega Kampus, Perkuat Riset Dong!

RADARLAMPUNG.CO.ID – Bappeda Lampung memberikan tanggapan positif terkait perumusan Institut Teknologi Sumatera (Itera) menjadi center of excellence (CoE/pusat unggulan) Sumatera.

Menurut Kepala Bappeda Lampung Taufik Hidayat, Itera harus melakukan riset, serta menyusun konsep-konsep pembangunan yang dirasakan penting bagi provinsi lain.

“Semisal, daerah Lampung dikenal dengan penghasil singkong, maka tugasnya harus melakukan kajian dan riset oleh profesor yang ada di Itera. Sehingga nilainya bisa dirasakan manfaatnya bagi provinsi se-Sumatera. Itu yang harus dilakukan apabila berencana melakukan pengembangan,” ujarnya kepada Radar Lampung di Aula Gedung C Lantai 3 Itera, Kamis (8/11).

Sehingga, kata Taufik, daerah lain di Sumatera tidak hanya sebatas mengirimkan mahasiswanya untuk berkuliah saja, melainkan pihak pemdanya ikut melakukan riset bersama Itera.

Maka, dia berharap Itera kedepan bukan hanya menjadi mega kampus Sumatera, tapi menghasilkan pengabdian berupa riset yang berguna bagi masyarakat luas, khususnya 10 provinsi se-Sumatera.

Sebenarnya, lanjut Taufik, rencana pembangunan bersama seperti ini pernah tercetuskan dalam forum gubernur se-Sumatera. Maka dari itu, menurutnya, Itera harus melakukan penguatan tenaga riset lembaga penelitiannya bagi daerah-daerah lainnya. (apr/sur)

Komentar

Rekomendasi