oleh

Hasil Monev, Program Kampung Dhuafa Sukses

radarlampung.co.id – Badan Amin Zakat Nasional (Baznas) Lampung menggelar monitoring dan evaluasi (Monev) keliling kampung Dhuafa yang menerima modal usaha produktif.

Ketua Baznas Lampung Mahfud Santoso mengatakan, monev dilakukan pada 12 kabupaten dan dimulai sejak Minggu (11/11). “Hari ini dan besok masih keliling ke daerah-daerah,” kata Mahfud, Senin (12/11).

Dua belas kabupaten itu adalah Lampung Timur, Lampung Tengah, Lampung Selatan, Lampung Barat, dan Pesawaran. Kemudian Pringsewu, Waykanan, Lampung Utara, Pesisir Barat, Tulangbawang, Tulangbawang Barat, dan Mesuji.

Mahfud mengungkapkan, modal usaha yang diberikan berupa hewan ternak, modal dagang, bahan makanan dan lain-lain. Ini dilakukan secara bergulir dari satu kampung ke kampung lainnya. ”Sudah berjalan sekitar 16 hingga 18 bulan,” sebut dia.

Dilanjutkan, dari hasil monev, program pemberian modal usaha produktif yang digulirkan Baznas berjalan sukses. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan warga untuk meningkatkan penghasilan.

”Dalam kurun waktu 16 hingga 18 bulan, modal yang dipinjamkan kepada warga di kampung-kampung sudah meningkat menjadi 2-3,5 kali lipat. Di antara hewan ternak yang dipinjamkan, kambing dan bebek lebih cepat berkembang,” urainya.

Mahfud mencontohkan di Lampung Timur. Awalnya Baznas memberikan 65 ekor kambing. Setelah 18 bulan, berkembang sebanyak 150 ekor.

Kemudian di Bandarjaya, Lampung Tengah, awalnya diberikan modal berupa 190 ekor bebek. Setelah 16 bulan, jumlahnya mencapai 1.400 ekor. ”Bahkan dari ternak yang diberikan, sudah menghasilkan susu dan telur serta pupuk olahan untuk dijual,” tegasnya. (ega/ais)

Komentar

Rekomendasi