oleh

Bawaslu Temukan 1.976 APK Liar

radarlampung.co.id – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Lampung mendata sejumlah pelanggaran pemasangan alat peraga kampanye (APK) liar se-Provinsi Lampung. Temuan ini dipermasalahkan karena dipasang di daerah yang tidak di izinkan dan ukuran yang tidak sesuai dengan PKPU 23/2018 tentang Kampanye sebagaimana diubah dalam PKPU 28/2018.

Hasilnya, Bawaslu Lampung menyatakan selama dimulainya masa kampanye 23 September hingga 12 November ditemukan sebanyak 1.976 APK liar. Rincianya, 9 baliho Capres-Cawapres di Bandarlampung, DPR RI sebanyak 472 lembar APK, DPRD Provinsi 364 lembar.

“Untuk tingkat DPRD kabupaten/kota ini terbanyak ada 1.074 temuan APK liar, sementara DPD RI yang terdata ada 57 APK,” kata Anggota Bawaslu Lampung Iskardo P. Panggar melalui pesan whatsappnya, Selasa (13/11).

Sejauh ini, sambungnya, sudah ada 1.273 APK liar yang ditertibkan. Proses ini akan terus dilakukan dengan bekerjasama Satpol PP setempat. “Untuk baliho-baliho yang besar ini, kami mengharapkan adanya kerjasama dengan Satpol PP setempat. Karena kami terbatas alat ya, apalagi tinggi-tinggi sekali. Namun untuk yang dipohon sudah ditertibkan Panwascam,” tandasnya. (rma/kyd)

Komentar

Rekomendasi