oleh

Juara 1 MHQ Se-ASEAN, Ro’yan Sisihkan Hafiz dari 7 Negara

radarlampung.co.id – Lampung patut berbangga dengan prestasi gemilang yang ditorehkan Muhammad Ro’yan Soib (18). Mewakili Indonesia dalam ajang Musabaqah Hifdzil Quran (MHQ) se-ASEAN 2018, dia berhasil meraih juara 1 kategori hafiz 30 juz. Ajang ini berlangsung Jumat–Senin (9–12/11) di Jakarta.

Ro’yan berhasil menyisihkan hafiz dari tujuh negara. Yakni Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Vietnam, Myanmar, dan Kamboja.

Ro’yan yang berasal dari PPTQ Al-Muhlis, Desa Klidadi, Kalirejo, Lampung Tengah (Lamteng), ini merasa bersyukur. Ketekunannya berlatih bersama gurunya, K.H. Ahmad Rofiuddin al Hafizh, membuahkan hasil yang membanggakan.

’’Senang bisa juara. Nggak nyangka aja bisa mewakili Lampung dan akhirnya mewakili Indonesia. Apalagi bisa menang dari negara-negara ASEAN,” katanya kepada radarlampung.co.id .

Tahap demi tahap seleksi telah dilalui Ro’yan. Mulai seleksi di Lampung pada Agustus 2018. Kemudian seleksi se-Sumbagsel di Palembang. Lalu mewakili juara se-Sumbagsel di Jakarta pada 10 November dan akhirnya 11 November dipercaya mewakili Indonesia dalam MHQ kategori hafiz 30 juz menghadapi peserta dari tujuh negara ASEAN.

Atas prestasinya itu, Ro’yan diganjar penghargaan berupa piagam dan uang pembinaan senilai Rp33 juta. Ia mengaku hasil jerih payahnya ini akan dibagikan ke orang tua, pondok pesantren, dan buat kebutuhan pribadinya.

’’Saya berlatih sejak di bangku kelas 1 MTs Kalijadi, Kelirejo, Lampung Tengah,. Kuncinya hanya yakin,” terang anak kedua dari tiga bersaudara ini.

Dia juga berharap dapat mewakili Indonesia dalam ajang MHQ Asia-Pasifik mendatang. ’’Bismillah. Semoga bisa mewakili Indonesia lagi ya mas. Doakan,” ucapnya. (apr/c1/wan)

Komentar

Rekomendasi