oleh

Mahasiswi Bidik Misi UT Lambar Raih IPK Tertinggi Se-Indonesia

RADARLAMPUNG.CO.ID – Mela Maryani (21), mahasiswi Universitas Terbuka (UT) Non Pendidikan Dasar (Non Pendas) Kelompok Belajar (Pokjar) SMA Negeri 1 Waytenong, Lampung Barat (Lambar), menorehkan prestasi membanggakan. Belia asal Kecamatan Kebuntebu ini meraih Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi pada acara wisuda UT periode 2018-2019 seluruh Indonesia. Raihan itu dia dapat pada gelaran Wisuda UT di gedung UTCC Pondok Cabe Tangerang Selatan, Selasa (13/11).

Pengurus UT Non Pendas Pokjar SMAN 1 Waytenong Yeni Apriani, S.Sos, M.M., menyebutkan, Mela meraih IPK dengan nilai sempurna yakni 4,00. Nilai itu diraihnya mulai dari semester satu sampai delapan. Bahkan berkat kemampuannya Mela telah dua kali berturut-turut diundang presiden dalam acara temu mahasiswa berprestasi dengan perguruan tinggi lainnya se-Indonesia.

Yeni menyampaikan ungkapan rasa syukur karena mahasiswa di pokjar SMAN 1 Waytenong bisa menjadi wisudawan/ti S1 terbaik Satu. Ya, walau secara secara ekonomi tidak mampu, Mela bisa menunjukkan prestasinya dalam bidang akademik. Dan, bisa bersaing dengan mahasiswa lain walaupun tinggal jauh dari ibukota provinsi.

Terkait prestasi itu, Yeni berharap Mela dapat memanfaatkan ilmu yang diperolehnya dan mengaplikasikannya kepada masyarakat, sesuai ilmu yang didapat dari perkuliahan.

“Semoga mela dan kawan-kawan lulusan UT bisa membawa Lampung Barat lebih hebat lagi dan harapan khusus dari saya selaku pengurus pokjar semoga Mela bisa menjadi inspirator dan motivator para lulusan SMA di Lampung Barat, bahwa melanjutkan ke perguruan tinggi/kuliah tidak harus keluar dari Lampung Barat tetapi di SMA Negeri 1 Waytenong Lampung Barat pun ada perguruan tinggi negeri yang banyak kita tidak ketahui,” ungkap Yeni.

Terpisah disampaikan Mela, awalnya dia memperoleh informasi dari pokjar non pendas SMA Negeri 1 Waytenong di bawah kepengurusan Yeni ada seleksi beasiswa dan ikut seleksi beasiswa bidik misi. Dia masuk tahun 2014. Bersama 25 mahasiswa lainnya di Kabupaten Lambar program studi sosiologi S-1.

Terkait apa yang sudah dirainya, Mela menyampaikan ucapan terimaksih kepada pemerintah yang telah memberikan beasiswa bidik misi, ke dua kepada Kepala Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBBJ-UT) Bandarlampung Dra. Sri Ismulyaty, M.Si. yang dianggap telah memberikan kesempatan dan motivasi agar semangat belajar tinggi, dan ucapan terima kasih setingginya kepada pengurus UT Non Pendas Pokjar SMA Negeri 1 Waytenong yang selama ini membimbing dan mengurus dari awal masuk sampai dia meraih gelar sarjana sosiologi.

Terpisah Kadis Pendidikan dan Kebudayaan (Disdik) Lambar Bulki Basri, S.Pd., mengapresiasi prestasi yang ditorehkan putri Lambar tersebut. Pihaknya berharap apa yang ditorehkan Mela mampu diikuti mahasiswa/i lainnya. “Semoga di masa akan datang bermunculan putra-putri Lambar yang menorehkan prestasi seperti ini, untuk membuktikan bahwa Lambar memiliki generasi muda mumpuni, pintar, dan cerdas,” ungkapnya.

Bulki juga meminta keberadaan UT di Lambar terus menetaskan mahasiswa/i berprestasi, dan mampu membawa kemajuan dunia pendidikan Lambar. (rin/rnn/sur)

Komentar

Rekomendasi