oleh

Ini Daftar Empat Puskemas Direakreditasi

radarlampung.co.id – Empat puskesmas di Pesawaran yang akan direakreditasi pada 2019 melalui DAK sebesar Rp519 juta terungkap. Masing-masingh yakni Puskesmas Gedongtataan, Kalirejo, Roworejo, dan Puskesmas Hanura.

“Tempo hari Puskesmas Roworejo dan Kalirejo meraih akreditasi dasar dan Gedongtataan serta Hanura meraih Madya. Nah, pada reakreditasi 2019 nanti kita akan tingkatkan dari dasar menjadi madya, dari madya menjadi utama,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Pesawaran Harun Tri Djoko Rabu (14/11).

Dikatakan, penilaian atau akreditasi puskesmas adalah proses untuk menilai apakah pelaksanaan pelayanan di Puskesmas sudah sesuai dengan standar ditentukan atau belum. Di mana terdapat tiga komponen atau aspek dalam melakukan penilaian pada pelaksanaan akreditasi, yakni aspek administrasi dan manajemen; aspek upaya kesehatan masyarakat; dan upaya kesehatan perorangan.

Di mana, dalam survai dan penilaian tersebut, tim akreditasi yang merupakan tim independen ini, akan menilai sejauh mana standar yang telah ditetapkan dan dipenuhi puskesmas terkait. ”Standar itu dibuat untuk ketiga aspek itu. Kita tidak dapat mengabaikan salah satu dari aspek tersebut, semua harus terpenuhi,” ucapnya.

Beberapa mekanisme pada penilaian akreditasi puskesmas tersebut, lanjut mantan Sekretaris BPBD, ini di antaranya melalui penelaahan dokumen, penelurusan di lapangan, wawancara dengan pimpinan puskesmas, dan masyarakat serta lintas sektor yang merupakan mitra kerja Puskesmas. Dari tiga aspek tersebut terdapat item-item lagi yang harus dinilai.

“Makanya pada penilaian tersebut nantinya satu puskesmas kita membutuhkan waktu selama tiga hari, karena banyak item yang dinilai. Termasuk kelengkapan sarana prasarana, staf, program, dan lainnya sesuai Permenkes nomor 75 tahun 2014 tentang puskesmas,” jelasnya. (ozi/sur)

Komentar

Rekomendasi