oleh

Sanitasi Lampung Baru 80 Persen

radarlampung.co.id – Hingga Oktober 2018, Yayasan Konservasi Way Seputih (YKWS) mencatat akses sanitasi dan air bersih di provinsi Lampung baru mencapai 84,43 persen. Angka tersebut dinilai masih belum dapat mencukupi target nasional sebesar 100 persen di tahun 2019 mendatang.

Berdasarkan data tersebut, akses sanitasi terendah berada di wilayah kabupaten Lampung Timur sebesar 82,03 persen, Pesawaran 81,99 persen, Mesuji 72,83 persen, dan Tulangbawang Barat 55,11 persen. Sedang sanitasi tertinggi ada di kebupaten Pringsewu sebesar 100 persen, dan kota Metro 99,28 persen.

Direktur Eksekutif YKWS, Febrilia Ekawati mengatakan, rendahnya sanitasi di sejumlah daerah tersebut bisa dilatari oleh beberapa faktor. Di antaranya, karena daerah yang masih dekat dengan kawasan hutan, pesisir, serta kurangnya perhatian dari pemerintah daerah terkait sanitasi.

Untuk itu, Febri mengatakan, pihaknya telah melakukan advokasi kepada pemerintah daerah di kabupaten/kota dan melakukan pendampingan ke daerah-daerah. “Seperti di Pringsewu, kita melakukan pendampingan dan sudah 100 persen (sanitasi, red) di tahun 2017,” katanya. (ega/kyd)

 

 

Komentar

Rekomendasi