oleh

Diresmikan, PLTA Semaka Dukung Pasokan Listrik Tanggamus

radarlampung.co.id – Bupati Tanggamus Dewi Handajani meresmikan pengoperasian Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Semaka yang dikelola PT Tanggamus Elektrik Power (TEP), Kamis (15/11). Keberadaan PLTA dengan kapasitas 2×28 MegaWatt ini membantu pasokan listrik untuk kabupaten tersebut.

Dewi menyatakan, proyek tersebut sudah dimulai sejak 2011 lalu. Saat itu, Bupati Tanggamus Bambang Kurniawan mengeluarkan izin prinsip melalui surat Nomor 050/160/20.Fispra/2011 tertanggal 28 April 2011.

Dari sini, PT BS Energy dan PT Nusantara Hydro Alam menandatangani MoU dengan Pemprov Lampung dan Pemkab Tanggamus. ”Saat itu konsorsium sepakat membentuk PT Tanggamus Elektrik Power (TEP). Setelah melewati tujuh tahun proses pembangunan,  hari ini PLTA Semangka secara resmi beroperasi,” kata Dewi dalam sambutannya.

Dengan beroperasinya PLTA Semangka yang memanfaatkan aliran sungai Way Semaka, masyarakat dengan difasilitasi perusahaan tersebut diharapkan dapat ikut melestarikan sumber daya alam dan menjaga lingkungan sekitar. Sekaligus menciptakan sumber lapangan kerja baru.

”Selain itu, PLTA diharapkan dapat menyediakan tenaga listrik yang murah dan ramah lingkungan,” tegasnya.

Dilanjutkan, saat ini Tanggamus membutuhkan listrik dengan kapasitas 150 MW untuk mendukung rencana Kawasan Industri Maritim (KIM) dan industri penunjang. Sementara saat ini pasokan listrik di kabupaten itu masih minim.

”Artinya diperlukan investasi di bidang energi listrik. Paling tidak sebesar 250 MW untuk menunjang aktivitas industri serta multiplier effect-nya,” tegas Dewi. Keberadaan PLTA Semaka diharapkan akan dapat menjawab kebutuhan listrik bagi industri di Tanggamus.

Sementara General Manager PT TEP Kim Min Ho mengucapkan terima kasih atas dukungan Pemprov Lampung, Pemkab Tanggamus dan masyarakat. ”Proyek PLTA Semaka ini awalnya dibahas saat pulang dari Bali. Setelah itu kami berbicara mengenai PLTA. Kebetulan Lampung masih krisis listrik. Karena itu, April 2011 saya berjanji akan menyelesaikan pembangunan PLTA dan dipenuhi,” tegas Kim.

Sementara usai peresmian PLTA yang ditandai dengan pengguntingan pita, bupati dan Forkopimda ditemani petinggi PT TEP meninjau Power House. Turut hadir, Dandim 0424/Tanggamus Letkol Arh. Anang Hasto Utomo, Kabag Ops Polrles Tanggamus Kompol Bunyamin, Kapolsek Semaka AKP Muji Harjono, Kapolsek Wonosobo Iptu Amin Rusbahadi, Danramil Wonosobo Kapten Inf. Rachmat Kartolo, Kepala OPD, camat dan kepala pekon. (ehl/ral/ais)

 

Komentar

Rekomendasi