oleh

Gakumdu: Laporan Tidak Memenuhi Unsur

radarlampung.co.id – Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Sentra Gakumdu) Tulangbawang Barat (Tubaba) menyatakan dugaan pelanggaran Pemilu oleh caleg PDIP Nomor 4 dari daerah pemilihan 3 (Kecamatan Lambukibang dan Kecamatan Gunungagung) tidak memenuhi unsur. Ini berdasar pembahasan yang dilakukan Kamis malam (15/11).

Dua orang yang sedianya dijadikan saksi, tidak mau memberikan keterangan. Karena itu, Gakumdu Tubaba memutuskan laporan tidak memenuhi unsur pelanggaran.

Ketua Bawaslu Tubaba Midiyan mengatakan, hingga selesai pembahasan, tidak ada saksi tambahan yang bisa dihadirkan pelapor. ”Meski begitu kami tetap akan memanggil Ari Gunawan Tantaka (pelapor, Red) untuk memberi pemahaman tentang keputusan yang diambil Gakumdu,” kata Midiyan.

Jika laporan ini diteruskan, imbuh Midiyan, maka akan mentah di pengadilan. Sebab dibutuhkan saksi yang mengetahui proses dugaan pelanggaran tersebut. ”Sampai saat ini, kami dari Gakumdu memutuskan tidak memenuhi unsur,” tegasnya.

Sebelumnya Ari Gunawaran Tantaka yang merupakan tim pemenangan Partai Demokrat Tubaba melaporkan dugaan pelanggaran oleh salah satu caleg PDP dari dapil 3 ke Bawaslu. Laporan tertuang dalam No.Laporan.001/LP/PL/Kab.TBB/08.14.11/2018.

Di mana, ada pembagian dua kilogram beras, kalender dan stiker melalui RT kepada masyarakat di Desa Tunasjaya. Salah satu penerima adalah istri dari saksi yang kemudian tidak mau memberikan kesaksian. (fei/ais)

 

Komentar

Rekomendasi