oleh

Olahan Minyak Jarak Komponen Baru Ekspor Lampung

Radarlampung.co.id – Badan Pusat Statistika (BPS) Lampung mencatat, ada komoditi baru yang masuk dalam lima golongan barang utama ekspor Lampung pada Oktober 2018.

Kepala Bidang Statistik Distribusi BPS Provinsi Lampung, Bambang Widjonarko mengatakan, komoditi baru tersebut yakni berbagai produk kimia yang mengalami kenaikan ekspor hingga 73,68 persen.

“Berdasarkan hasil penelusuran BPS, yang termasuk dalam produk kimia sementara ini berasal dari minyak asam hasil pemurnian,” katanya saat ditemui di Kantor BPS Lampung, kamis (15/11).

Menurutnya minyak asam yang dimaksud tersebut lebih banyak sebagai produk olahan dari minyak Jarak. Ternyata olahan minyak ini bisa menjadi produk yang lebih menyehatkan setelah melewati proses pengasaman dan dijual dengan harga tinggi.

“Jarak (minyak, red) ini bisa jadi produk yang mahal. Itu yang teridentifikasi BPS Lampung sementara ini, dan tidak ada produk lain,” ujarnya.

Disamping itu, Bambang mengatakan, berdasarkan data yang ada impor Lampung terhadap negara ASEAN menurun dratis. Yakni hanya sebesar USD 7,22 juta dolar. “Beberapa komuditi yang hilang dalam impot yakni gula dan kembang gula,” katanya. (ega/kyd)

Komentar

Rekomendasi