oleh

Penyaluran Kredit UMKM Masih Minim

radarlampung.co.id – Jumlah kredit yang disalurkan terhadap Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di lingkup Pemprov Lampung sebesar Rp56,456 miliar. Namun angka ini terbilang kecil mengingat jumlah itu realisasi dari tahun 2004-2018.

Kepala dinas Koperasi dan UMKM Lampung Satria Alam mengatakan, hal ini disebabkan Lampung belum memiliki Perusahaan Penjamin Kredit Daerah (PPKD) yang memudahkan akses UMKM untuk melakukan pinjaman.

“Jadi jika ada PPKD, UMKM bisa lebih mudah untuk melakukan pinjaman dengan jumlah yang besar. Sebab, jika ada PPKD, terjamin karena berasuransi,” ujarnya kepada usai membuka rapat koordinasi percepatan pembentukan PPKD di ruang sungkai, Balai Keratun Setprov Lampung, Kamis (15/11).

Mantan Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung ini mengatakan kendala pembentukan belum ada dasar hukum terkait PPKD. “Sebenarnya Perdanya sudah ada. Tapi ketika dievaluasi di Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri) mesti ada perubahan. “Sebelumnya, Perda pembentukan PPKD dan Perda Penyertaan Modalnya itu jadi satu. Sarannya adalah mesti dibuat dua Perda. Makanya kita rapat percepatan,” ujarnya.

Soal teknisnya, dia mengatakan leading sektor pembentukan PPKD ini ada di Biro Perekonomian Lampung. Di mana, pihaknya mendorong agar semua pihak mendukung adanya regulasi tersebut.

“Kepentingan Kami adalah bagaimana mendorong keberlangsungan UMKM. Sebab, dari angka Rp56,456 miliar itu hanya tersalur untuk sekitar  2450 unit saja. Sementara jumlah totalnya sebanyak 157.922 unit. Untuk itu, kita mendorong agar ini bisa diselesaikan,” ujarnya (abd/kyd)

Komentar

Rekomendasi