oleh

RSP Unila Ditarget Beroperasi 2019

radarlampung.co.id – Dalam mendukung peningkatan layanan kesehatan masyarakat dan Fakultas Kedokteran Universitas Lampung (Unila), pembangunan Rumah Sakit Pendidikan (RSP) Unila sebagai front office Unila terus digenjot dan diharapkan rampung akhir 2018.
Rektor Unila Prof. Dr. Ir. Hasriadi Mat Akin menargetkan RSP Unila sudah beroperasi pada tahun 2019 mendatang dengan status RS tipe C. “Biaya yang dibutuhkan untuk merampungkan RSP ini cukup besar. Untuk infrastruktur saja membutuhkan dana sekitar Rp650 miliar hingga Rp700 milliar,” kata Hasriadi, Kamis (15/11).
Saat ini, lanjutnya, selain mengandalkan sumber pendanaan dari SPP, pihaknya juga melakukan kerjasama dengan beberapa stakeholders. “Kalau mau mengharapkan dana dari SPP tidak akan cukup. Karena untuk penambahan fasilitas kesehatan, totalnya bisa mencapai Rp1 triliun,” ujarnya.
Hasriadi mengungkapkan, dana SPP mahasiswa hanya bisa disisihkan Rp25 miliar, sedangkan pembangunan gedung setidaknya membutuhkan Rp700 miliar.
Meski demikian, ada sumber dana pinjaman kisaran Rp550 miliar yang siap dikucurkan dari Kementerian Bappenas untuk sumber pendanaan luar negeri.
“Kita sudah bertemu dengan pihak Asian Development Bank. Dipastikan akan ada dana pinjaman kisaran Rp550 miliar yang siap dikucurkan. Namun pinjaman itu tidak langsung cair, dilakukan bertahap,” tandasnya. (apr/kyd)

Pembangunan RSP Unila terus dikebut. Hingga kemarin pembangunan masih tahap finishing dua gedung. Foto Tegar Mujahid/radarlampung.co.id
Pembangunan RSP Unila terus dikebut. Hingga kemarin pembangunan masih tahap finishing dua gedung. Foto Tegar Mujahid/radarlampung.co.id

Komentar

Rekomendasi