oleh

Dua Mobil Listrik Tiba di Lampung

radarlampung.co.id – Setelah tiga pekan menempuh jarak sekitar 1.400 kilometer, Tim Blits Explore Indonesia yang membawa dua unit mobil listrik sampai ke pulau Sumatera, Jumat (16/11).

Bersama 11 personel yang terdiri dari mahasiswa, dosen, dan teknisi, dua unit mobil listrik ini punya misi berkeliling Indonesia. Dimulai dari Surabaya, Yogyakarta, Jakarta, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. Kemudian ke Maluku Selatan, NTT, NTB, Bali, dan kembali lagi ke Surabaya.

Project Leader Mobil Blits Yoga Uta Nugraha mengatakan, dua unit mobil listrik yang dibawa ini adalah mobil Blits dan mobil Kasuari. Dua kendaraan ini ditarget menempuh jarak sekitar 15 ribu kilometer dalam 100 hari.

Uta-sapaan akrabnya mengatakan, secara spesifik Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya yang berkolaborasi dengan Universitas Budi Luhur, Jakarta. Dibutuhkan waktu selama satu tahun untuk melakukan riset, desain hingga produksi mobil listrik.

“Sebenarnya mobil selesai diproduksi dalam enam bulan. Tapi dalam perjalanannya, masih ada beberapa hal yang diteliti dan disempurnakan lagi. Total, kita butuh waktu setahun,” katanya.

Dilanjutkan, sebelum touring, salah satu mobil listrik sempat mengalami perbaikan pada gearbox yang jebol karena kualitas material yang kurang bagus. “Tapi itu sudah kita selesaikan di Surabaya, dan mudah-mudahan sekarang tidak mengalami kendala lagi,” tambahnya.

Uta menjelaskan, untuk mobil Blits biasanya dicharge selama 6-8 jam, dan bisa dipakai untuk menempuh jarak sejauh 300 kilometer. Sedang mobil Kasuari biasanya dicharge selama 4-5 jam untuk pemakaian 150 kilometer. (ega/ais)

Komentar

Rekomendasi