oleh

Pergaulan Bebas Tularkan HIV ke Dua Warga Tuba

RADARLAMPUNG.CO.ID – Dinas Kesehatan Tulangbawang menemukan dua kasus penderita positif HIV. Dua warga yang positif menderita HIV itu berasal dari Kecamatan Menggala dan Banjaragung.

’’Sampai pertengahan November ini sudah dua kasus kita temukan. Warga Menggala dan Banjaragung,” kata Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Feriany, mewakili Kepala Dinas Kesehatan Tulangbawang dr. Herry Novrizal kepada radarlampung.co.id, Jumat (16/11).

Dua penderita ini, kata Feriany, tertular akibat pergaulan bebas yang berujung pada hubungan seksual. Dia menjelaskan, Dinas Kesehatan juga terus melakukan pendampingan terhadap para penderita HIV. Sebab, biasanya para penderita HIV mengalami perlakukan yang tidak enak di masyarakat. Seperti dikucilkan, sehingga kondisi psikologisnya menurun.

’’Selain itu penderita yang positif kita berikan penanganan melalui klinik VCT Dinas Kesehatan di Puskesmas Tuba 1,” jelasnya.

Sementara, untuk pencegahan Dinas Kesehatan rutin melakukan sosialisasi ke beberapa lokasi seperti, Rutan Klas II B Menggala, Polres Tulangbawang, Kodim 0426/TB, dan lingkungan Pemerintahan Kabupaten Tulangbawang. (nal/sur)

Komentar

Rekomendasi