oleh

Rekomendasikan Pembubaran 10 Koperasi

radarlampung.co.id – Dinas Koperasi dan UMKM Lampung membidik pembubaran 27 unit koperasi primer. Berdasar hasil inventarisasi, sebenarnya ada 37 koperasi tidak aktif yang menjadi sasaran. Dari jumlah itu, sebanyak 10 unit sudah direkomendaskan ke Kementerian Koperasi dan UKM.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Lampung Satria Alam menjelaskan, 10 koperasi itu adalah Koperasi Tirta Nugraha, Saweri Gading, Mustika Dalem, Peternak Cacing, KSU Alwakil, IPSI, Peternak Jangkrik, KSU Pekarya Sejahtera Indonesia, KOP. Forum Komunikasi Penerima Bantuan Yayasan Dharmais,  dan Makarti Jaya Mandiri.

”Koperasi primer yang menjadi kewenangan pemprov itu ada 216 unit. Untuk yang aktif sebanyak 146 unit. Kemudian tidak aktif 70 unit. Dari 70 itu, sebanyak 37 bermasalah dengan keuangan. Tapi 10 unit koperasi sudah menyelesaikan dan  sudah kita rekomendasikan untuk dibubarkan oleh pusat,” kata Satria.

Diketahui, salah satu syarat pembubaran koperasi adalah sudah tidak ada aktivitas, sudah tidak ada anggota dan tidak ada sangkutan keuangan. Baik kepada anggota maupun pihak ketiga seperti bank. (abd/ais)

Komentar

Rekomendasi