oleh

Sejumlah Masjid Alami Pergeseran Kiblat

RADARLAMPUNG.CO.ID – Berdasarkan hasil pengukuran yang dilakukan Kemenag Pesawaran, ternyata rata-rata masjid dan mushala di Desa Negerisakti mengalami pergeseran arah kiblat.

Seperti Masjid Nurul Iman, mengalami perubahan arah kiblat hingga 8 derajat. “Setelah diukur oleh tim dari Kemenag, ternyata ada perubahan sekitar 8 derajat,” ungkap Sekretaris Takmir Majid Nurul Iman Edi Waluyo, Jumat (16/11).

Senada diungkapkan Marbot Masjid Imanuddin Dusun Sri Menanti Khairul. Ya, dirinya mengatakan setelah pengukuran mengalami perubahan arah kiblat mencapai 32 derajat ke kanan dari arah sebelumnya.

“Mengalami pergeseran 32 derajat. Tapi sekarang kita sudah geser sajadah atau ambalnya,” ucapnya.

Sementara, Kepala Dusun Sinar, Desa Negerisakti Idhan Khalid menuturkan, terjadinya pergeseran arah kiblat pada masjid dan mushala lantaran masjid dan mushala sudah lama dibangun. Di mana pada waktu menentukan arah kiblat masih menggunakan cara konvensional, yakni arah matahari.

“Tapi kalau masjid yang baru dibangun, arah kiblatnya sudah benar. Karena sebelum dibangun kita minta bantuan Kemenag untuk melakukan pengukuran,” jelasnya. (ozi/sur)

Komentar

Rekomendasi