oleh

Sia-sia, Ribuan KIS Dibagikan, Tapi Tidak Aktif

radarlampung.co.id – Sekitar 7.000 Kartu Indonesia Sehat (KIS) milik masyarakat kurang mampu di Lampung Barat tidak bisa digunakan lantaran tidak aktif. Hal ini menjadi salah satu pertanyaan dalam pembahasan RAPBD 2019 di ruang sidang Marghasana DPRD Lambar, Jumat (16/11).

Anggota Badan Anggaran DPRD Lampung Barat Ahmad Sayuti mempertanyakan keberadaan 7.000 KIS yang dibagikan oleh pemerintah pusat. Namun tidak bisa lagi digunakan.

”Banyak kejadian di lapangan. Kartunya yang akan dipakai tidak bisa digunakan. Saat ini ada sekitar 7.000 lebih KIS milik masyarakat tidak aktif. Ini kenapa,” tanya ungkap Ahmad Sayuti.

Anggota Banang lainnya Heri Gunawan menambahkan, masalah ini menjadi persoalan yang harus segera diselesaikan. ”Sekarang, bagaimana mencari solusinya. Untuk apa masyarakat punya kartu, jika tidak bisa digunakan,” tegasnya.

Menanggapi hal ini, Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Lambar Paijo mengaku tidak memegang data. Sebab peserta KIS ini menjadi kewenangan Dinas Sosial. ”Dinas kesehatan bertanggung jawab terhadap pelayanannya. Kami sifatnya hanya sosialisasi. Jadi kami tidak tahu data 7.000 lebih KIS milik masyarakat yang tidak aktif lagi,” kata dia. (nop/ais)

Komentar

Rekomendasi