oleh

Hilang Ingatan Tetap Bisa Memilih, Asal…

radarlampung.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung segera berkoordinasi dengan Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Lampung terkait pendataan pemilih yang memiliki disabilitas mental.

Menurut Komisioner KPU Lampung Handi Mulyaningsih, pendataan dilakukan untuk mengetahui lebih dalam kondisi rumah sakit.

”KPU segera koordinasi dengan semua rumah sakit. Baik pemerintah dan swasta di tiap kabupaten/kota untuk membahas hal ini (pemilih disabilitas mental, Red). Sebab perlu dicari solusi yang tepat agar pendataan pemilih pindahan di RS lebih sistematis. Terutama yang memiliki E-KTP (syarat pemilih),” kata Handi kepada radarlampung.co.id, Sabtu (17/11).

Nantinya, untuk penyandang disabilitas mental yang hilang ingatan, sepanjang tidak ada surat keterangan dokter yang menyatakan orang tersebut sakit, tetap bisa memilih.

“Jadi, sepanjang dokter menyatakan yang bersangkutan tidak hilang ingatan, akan tetap didata,” jelas Handi.

Terpisah, Humas RSJ Lampung David menyatakan belum mendapat surat resmi terkait pendataan psien yang hilang ingatan. ”Kita belum dengar soal pendataan calon pemilih yang akan dilakukan di RSJ Lampung,” kata David. (rma/ais)

 

 

Komentar

Rekomendasi