oleh

Seribu Pendekar Ikut Silat On The Sea

radarlampung.co.id – Ini salah satu cara Kementerian Pemuda dan Olahraga lebih mengenalkan olahraga pencak silat. Yakni dengan menggelar silat on the sea di rumah apung Pantai Bangsring, Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi.

Kegiatan yang diikuti seribu pendekar dari berbagai perguruan silat di Banyuwangi ini menampilkan atraksi silat di atas air dan underwater.

Pagelaran silat ini merupakan salah satu atraksi olahraga yang dipadukan dengan pariwisata. Harapannya, budaya asli Indonesia lebih dikenal di dunia internasional, sekaligus sebagai ajang promosi seni pencak silat.

Diawali dengan apel seribu pendekar dan pembacaan ikrar untuk keutuhan NKRI dan serangkaian teaterikal silat di atas rumah apung.

Untuk mengikuti pagelaran ini para peserta harus menyiapkan latihan khusus. Sebab gelanggang yang menjadi tempat untuk atraksi berbeda dari biasanya.

Ketua panitia silat on the sea, Ikhwan Arief, mengatakan, even ini merupakan salah satu upaya untuk mempromosikan silat yang merupakan budaya asli Indonesia. ”Tujuannya mempromosikan dan membudayakan silat,” kata Ikhwan sebagaimana dilansir dari detik.com.

Seni pencak silat ini sudah dipertandingkan secara resmi pada Asian Games 2018. Rencananya induk olahraga pencak silat dunia yaitu persekutuan pencak silat antar bangsa, bertekad agar silat bisa dipertandingkan dalam olimpiade. (dtc/ais)

 

Komentar

Rekomendasi