oleh

Wisata Keluarga di Taman Langen Tirto

LAMPUNG Timur kaya akan potensi wisata alam. Salah satunya Taman Wisata Langen Tirto yang berlokasi di Desa Gondangrejo, Kecamatan Pekalongan.

Destinasi ini sebelumnya bernama Taman Wisata Swadaya atau disebut juga Bendungan Garongan. Untuk menuju lokasi tersebut sangatlah mudah. Letaknya sekitar dua kilometer (km) dari jalan raya Kecamatan Pekalongan.

Sementara, dari Metro hanya berjarak 13 km atau dapat ditempuh dengan waktu 10 menit. Kemudian dari Bandarlampung, berjarak 58 km dan dapat ditempuh dengan waktu 1,5 jam.

Taman wisata tersebut sebenarnya merupakan bendungan yang dibangun sejak 1953 dan berfungsi sebagai sumber irigasi untuk mengairi ribuan hektare sawah di Lampung Timur.

Pepohonan yang terdiri dari jenis Akasia, Beringin, Ingas dan lainnya membuat kawasan ini sangat cocok untuk wisata keluarga, bumi perkemahan pramuka atau outbond.

Suasananya cukup sejuk dan asri. Gemericik air yang mengalir dari bendungan akan semakin membuat pengunjung betah berlama-lama.

Di lokasi tersebut juga tersedia area parkir yang luas dan tempat beristiraha). Kemudian, spot swafoto berlatar belakang jembatan, pintu air, dermaga, bendungan dengan air yang melimpah atau rumah pohon. Di sekitar lokasi juga terhampar areal persawahan dan perladangan penduduk.

Soal keamanan dan kenyamanan, pengunjung tidak perlu khawatir. Sebab, lokasi tersebut juga merupakan jalan alternatif dari Kecamatan Pekalongan menuju Sekampung. Ini membuat jalur yang tidak jauh dari pemukiman penduduk dan Pasar Desa Gondangrejo ini ramai dilintasi.

Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim mengatakan, obyek wisata tersebut memang sangat potensial dikembangkan. Karena itu, pada 2017 lalu pemerintah kabupaten setempat bersama kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Desa Gondangrejo dan Siraman serta Purworejo berusaha menata Taman Wisata Langen Tirto.

Antara lain dengan membangun jalan setapak dari pavingblock di seputaran pintu air dan spot swafoto. “Lokasi itu, memang sangat potensial dikembangkan sebagai obyek wisata unggulan,” kata Chusnunia.

Chusnunia juga berharap masyarakat di sekitar taman wisata ikut berpartisipasi untuk meningkatkan potensi yang ada. ”Jika taman wisata ini berkembang, akan berdampak positif bagi perekonomian masyarakat sekitar,” tegas Chusnunia. (wid/ais)

 

Komentar

Rekomendasi