oleh

Cegah Banjir, Jangan Buang Sampah ke Parit

radarlampung.co.id – Memasuki musim penghujan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Metro meminta masyarakat untuk tidak membuang sampah ke parit ataupun kali sebagai langkah antisipasi terjadinya banjir.

Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Metro Alfajar Nasution mengatakan, pihaknya selalu mengingatkan masyarakat untuk tidak membuang sampah ke aliran sungai dan bangunan di pinggir sungai. Sebab jika aliran tersebut tersumbat, air tidak akan lancar dan dapat menyebabkan banjir.

“Bukan hanya karena faktor alam, karena curah hujan tinggi misalkan. Tapi dari kita juga perlu untuk tingkatkan kesadaran menjaga alam. Kalau membuang sampah pada tempatnya, bukan di sungai sehingga aliran itu akan lancar. Minimal itu bisa mencegah terjadinya banjir,” kata Alfajar, Minggu (18/11).

Sementara itu, Kepala BPBD Kota Metro Kris Endarto menuturkan, daerah rawan banjir di Kota Metro masih di lokasi yang sama. Seperti, Kampung Harapan Tejoagung, Perumahan Prasanti, serta Kelurahan Hadimulyo Barat.

“Tapi saya yakin tahun ini tidak seperti kemarin, karena kemarin itu memang cuacanya ekstrim. Kawan-kawan dari PU juga sudah mengantisipasi dengan membuat gorong-gorong lebih dalam,” tandas Kris. (rur/kyd)

Komentar

Rekomendasi