oleh

Inggris vs Kroasia: Pamer Power

radarlampung.co.id – Duel hidup mati Inggris versus Kroasia akan tersaji di Wembley Stadium, malam nanti. Pemenang partai pamungkas Grup A4 ini akan lolos ke semifinal UEFA Nations League sementara yang kalah terdegradasi.

Inggris dengan singa-singa mudanya sedikit diunggulkan di pertandingan ini. Selain status mereka sebagai tuan rumah, kondisi skuat Tiga Singa, julukan Inggris juga jauh lebih bugar dan lengkap.

Pada laga ujicoba kontra Amerika Serikat, tengah pekan lalu, Manajer Inggris, Gareth Southgate hanya menurunkan sebagian besar pemain lapis kedua mereka. Sebaliknya, Kroasia yang menantang Spanyol di laga ketiga Grup A4 bermain dengan seluruh pilarnya.

Laga di Zagreb yang mereka menangkan dengan skor tipis 3-2 jelas sudah menguras banyak tenaga Luka Modric dkk. Situasi menjadi lebih buruk bagi anak asuh Zlatko Dalic sebab mereka kembali harus kehilangan Ivan Rakitic yang mengalami cedera.

Tanpa Rakitic, keseimbangan lini tengah tim tamu akan sedikit goyah. Maklum, Rakitic selama ini tak tergantikan di sektor gelandang Kroasia. Tak hanya itu, Rakitic juga kerap menjadi sumber gol Kroasia yang sudah ditinggal pensiun Mario Mandzukic.

Inggris sendiri bertekad memanfaatkan seluruh masalah yang mendera tamunya untuk bisa meraih kemenangan di Wembley. Berbicara setelah kemenangan 3-0 atas Amerika Serikat, Southgate menegaskan, mengalahkan Kroasia adalah harga mati.

“Ini benar-benar sederhana. Kami menang, kami melangkah ke semifinal dan hanya itu yang akan kami fokuskan. Kami ingin memberi fans kami penampilan yang menggairahkan mereka dan mendapat kesempatan melewati grup yang benar-benar kuat, jadi bagi saya, kami hanya fokus untuk menang,” tegas Southgate di Sky Sports.

Selain ke semifinal, Southgate ingin menang untuk memamerkan power (kekuatan) Singa-singa muda mereka. “Kami memiliki pemain yang seharusnya merasa bahwa itu adalah momen mereka untuk menyampaikan, dan menunjukkan apa yang dapat mereka lakukan,” tegasnya di The Independent.

Juli lalu, Kroasia mengalahkan Inggris dengan skor 2-1 di semifinal Piala Dunia 2018. Namun, Southgate mengatakan laga ini bukan tentang balas dendam. Bagi Southgate, kekalahan itu hanya sebagai pelajaran. “Kami ingin mencoba membuktikan bahwa kami telah belajar dari itu, dan telah meningkat dari musim panas,” jelasnya.

Kapten Inggris, Jordan Henderson setuju tidak memandang pertandingan sebagai misi balas dendam. “Sejak saat itu kami bangkit kembali dengan gemilang, memenangkan beberapa pertandingan besar. Ini ujian besar bagi kami. Mereka baru saja mengalahkan Spanyol, tim yang luar biasa,” kata Henderson.

Pernah mengalahkan Inggris di Wembley 2007 silam yang membuat tuan rumah gagal ke Piala Eropa 2008 dan berujung pemecatan manajer Steve McClaren, Kroasia menegaskan tak gentar menghadapi Harry Kane dkk. Dalic juga mengatakan tidak khawatir dengan absennya Rakitic.

“Kami memiliki (Mateo) Kovacic, kami memiliki (Josip) Brekalo, kami memiliki (Milan) Badelj. Selalu ada solusi dan kita harus berhenti merengek tentang seseorang yang tidak akan ada di sana. Kami akan mencari solusi dan kami akan pergi ke Wembley untuk menikmati sepak bola,” ujarnya di Reuters.

Tin Jedvaj yang mencetak dua gol ke gawang Spanyol mengakui laga ini akan sangat berat. Namun, dengan hasil positif di Zagreb, ia percaya Kroasia bisa merepotkan Inggris. “Itu akan sulit tetapi kami akan mencoba menang,” tegas bek Kroasia tersebut di situs resmi UEFA.

Spanyol masih memuncaki klasemen Grup A4 dengan poin enam atau unggul dua angka di atas Inggris dan Kroasia. Dengan demikian, pemenang laga ini akan lolos ke final four. Jika imbang, Spanyol berhak atas tiket semifinal dan Inggris sesuai aturan turnamen akan terdegradasi meski unggul selisih gol dan bermain imbang 0-0 di kandang Kroasia. (fin/kyd)

Prakiraan Pemain

Inggris (4-3-3): Pickford,

Foto FIN

Walker, Stones, Maguire, Shaw, Alli, Henderson, Barkley, Sterling, Kane, Rashford

Kroasia (4-2-3-1): Kalinic; Vrsaljko, Lovren, Vida, Jedvaj; Brozovic, Kovacic; Rebic, Modric, Perisic, Kramaric

Komentar

Rekomendasi