oleh

M Gusti Saibatin, Satu-satunya Pelajar Lampung dapat Penghargaan Komnas Anak

RADARLAMPUNG.CO.ID – M Gusti Saibatin, pelajar SMP Al-Kautsar Bandarlampung mendapatkan penghargaan dari Komnas Anak di Gedung Perpustakaan Nasional RI, Jakarta, Minggu (18/11). Gusti mendapatkan penghargaan dalam kategori anak peduli lingkungan sosial setelah mendapatkan penilaian dari Komnas Anak selama setahun terakhir.

Apresiasi dalam rangka memperingati 20 tahun Komnas Anak ini juga spesial. Karena, Gusti mendapatkan penghargaan bersama dengan tiga Kapolres di wilayah hukum Indonesia, bupati Gianyar, dan pemerintah kota Jakarta Barat.

Ketua Komnas Anak Arist Merdeka Sirait mengatakan bahwa dalam pengamatan lembaganya, Gusti sudah memberikan kepedulian terhadap masyarakat yang ada di lingkungan sekitarnya. Setiap pulang sekolah, kata Arist, Gusti selalu menyisihkan uang jajannya dan membeli makan untuk anak-anak jalanan dan orang lanjut usia (lansia).

“Dia terus melakukan pekerjaan bantuan sosial di sana (Lampung),” ucapnya.

Gusti yang merupakan putera sulung dari Staf Ahli Kapolri Bidang Sospol Irjen Ike Edwin ini bahkan punya gagasan untuk memelihara ikan lele bersama anak-anak di sana. Gusti menggunakan lahan milik orang tuanya untuk membuat kolam ikan lele.

“Pelihara lele itu kan cepat, tiga bulan sudah kelihatan hasilnya. Hasilnya ini untuk gerakan anak peduli sosial di sekitarnya,” lanjut Arist.

Penilaian Komnas Anak adalah dengan mengamati langsung kegiatan Gusti selama setahun. Dimana, Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Lampung yang memberikan rekomendasi kepada Komnas Anak sebelumnya. (dna)

Komentar

Rekomendasi