oleh

Pajak CHT, Pemprov Lampung Kebagian Rp3,421 Miliar

radarlampung.co.id – Struktur Dana Bagi Hasil (DBH) Pajak sektor Cukai Hasil Tembakau (CHT) sebesar Rp11,4 miliar tidak sepenuhnya milik Pemprov Lampung.

Merujuk pada Peraturan Menteri Keuangan No. 222/PMK.07/2017 tentang penggunaan, pemantauan, dan evaluasi DBH CHT, jatah pemprov hanya 30 persen dari keseluruhan DBH CHT atau senilai Rp3,421 miliar.

Hal itu dikatakan Kabid Anggaran Badan Keuangan Daerah (Bakuda) Provinsi Lampung Marindo Kurniawan. “Jadi yang dicantumkan dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Lampung 2019 ya sebesar 30 persennya saja. Sisanya itu jatah kabupaten/kota,” jelasnya, Minggu (18/11).

Baca :   Pencairan DBH Triwulan III 2019 Menunggu Teken Gubernur

Sementara, Sekretaris Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Lampung A. Rozali menjelaskan angka CHT untuk lampung memang kecil. Sebab, provinsi ini bukan daerah penghasil tembakau dalam jumlah yang besar. “Karena kita bukan produsen besar. Jadi perhitungannya tidak besar,” ujarnya.

Sebelumnya, Pemerintah pusat memberikan Pemprov Lampung DBH sebesar Rp154,332 miliar. Untuk DBH Pajak, Lampung mendapatkan jatah sebesar Rp134,26 miliar. Sedangkan di sektor DBH Sumber Daya Alam (SDA) hanya mendapat jatah Rp20,073 miliar saja. (abd/kyd)



Komentar

Rekomendasi