oleh

Terbanyak, 37 Kada di Sumatera Ditahan KPK  

radarlampung.co.id – Sumatera menjadi salah satu wilayah dengan jumlah kepala daerah (Kada) terbanyak yang berurusan dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Termasuk Lampung. Dari provinsi ini ada nama Bupati Lampung Tengah Mustafa dan Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan.

Teranyar adalah Bupati Pakpak Bharat, Sumatera Utara  Remigo Yolanda Berutu yang tersangkut dugaan suap sejumlah proyek di Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tahun anggaran 2018.

Menurut juru bicara KPK Febri Diansyah, selain 37 kepala daerah, ada 86 anggota DPRD dari pulau Sumatera yang menjadi tersangka kasus korupsi.

Abdullah Puteh tercatat kepala daerah pertama yang ditangkap KPK.  Saat menjadi Gubernur Ace, ia tersangkut kasus korupsi pengadaan helikopter.

Sementara Remigo Yolanda Berutu diciduk dalam operasi tangkap tangan (OTT), Minggu (18/11). Dalam operasi yang berlangsung di tiga tempat itu, anggota KPK mengamankan enam orang.

Ketua KPK, Agus Rahardjo menjelaskan, usai memeriksa dan melakukan gelar perkara, KPK meningkatkan status ke penyidikan dengan menetapkan tiga tersangka. ”Mereka adalah Remigo Yolanda Berutu; Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Pakpak Bharat David Anderson Karosekali dan rekanan, Hendrika Sembiring.

”Ketiga tersangka berstatus sebagai pihak penerima. Sementara, KPK masih mendalami pihak-pihak yang diduga berperan sebagai pihak pemberi,” kata Agus. (net/fin/ais)

 

 

Komentar

Rekomendasi