oleh

Bersiap, UNBK SMA/SMK Dimajukan, Ini Penyebabnya

RADARLAMPUNG.CO.ID – Pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) tingkat SMA sederajat kemungkinan akan dimajukan. Itu berkaitan diselenggarakannya Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 April mendatang.

Terkait rencana itu, Kepala Bidang Pembinaan SMA Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung Diona Katharina mengatakan, hal tersebut mengacu pada wacana Kemendikbud RI.

“Statusnya masih wacana, namun kita sifatnya merespons cepat, agar sewaktu-waktu bila benar itu terjadi kita sudah siap dan tidak ada kendala,” jelas Diona kepada Radarlampung.co.id melalui sambungan telepon, Selasa (20/11) pagi.

Diprediksi, pelaksanaan UNBK dilaksanakan pertengahan Maret mendatang. “Kita siap-siap, kebijakannya langsung dari pusat, belum ada informasi resmi, kemungkinan dimajukan Maret dari biasanya April,” imbuhnya.

Wacana pemajuan pelaksanaan itu, katanya, selain karena bertepatan dengan pelaksanaan Pemilu 2019, perubahan jadwal UNBK berkaitan dengan adanya sejumlah hari besar keagamaan. Jika mengacu pada tahun lalu, UNBK dilaksanakan sekitar minggu kedua April.

Ya, tahun ini rencananya pelaksanaan UNBK SMK akan dilaksanakan 25, 26, 27, dan 28 Maret 2019. Sementara UNBK SMA akan dilaksanakan 1, 2, 4, dan 8 April 2019. Jika UNBK dilaksanakan seperti tahun lalu, kemungkinan besar bersamaan dengan awal Ramadan.

“Ini baru rencana. Sewaktu-waktu masih bisa berubah. Kita akan terus berkoordinasi dengan pusat dan MKKS. Kita tunggu saja,” pungkasnya. (apr/sur)

Komentar

Rekomendasi