oleh

Bank Wakaf Beri Pinjaman Tanpa Bunga

RADARLAMPUNG.CO.ID – Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Lampung, hingga akhir Oktober 2018, ada sebanyak 35 Lembaga Keuangan Mikro Syariah (LKMS) berbadan hukum koperasi telah diberi izin dan diawasi OJK.

Kepala OJK Lampung Indra Krisna mengatakan, jumlah tersebut tersebar pada pondok pesantren di seluruh Indonesia. “Di Sumatera ada 3, Kalimantan Timur (1), Sulawesi Selatan (1), dan sisanya tersebar di Pulau Jawa,” kata dia.

Sedangkan jumlah nasabah dari seluruh LKMS di lingkungan pondok pesantren saat ini mencapai 7.542 nasabah, dengan total nilai pembiayaan yang telah disalurkan sebesar Rp9,41 miliar.

Di sisi lain, Indra menambahkan, LKSM Pondok Pesantren Minhadlul Ulum yang akan diresmikan di Lampung merupakan LKSM ke-30 secara nasional. Berkerjasama dengan Bank Mandiri, LKSM ini juga didanai dari Lembaga Amil Zakal Nasional (Laznas) Bank Mandiri, sekitar Rp4,2 miliar.

Karena berbasis syariah, LKSM yang diberi nama Bank Wakaf ini nantinya akan menyalurkan dana pinjaman tanpa bunga dan biaya administrasi kepada masyarakat di sekitar Pondok Pesantren Minhadlul Ulum. Adapun besaran dana yang dipinjamkan mulai Rp1 juta hingga Rp5 juta.

“Pendirian koperasi LKSM di Pondok Pesantren ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahterahan melalui pemberdayaan masyarakat di lingkungan pesantren,” katanya. (ega/sur)

Komentar

Rekomendasi