oleh

FMIPA Lauching Sistem Informasi Terpadu

radarlampung.co.id – Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Lampung (FMIPA  Unila) me-lauching sistem informasi terpadu. Sistem tersebut dinamakan SIMIPA (sistem informasi MIPA).

Dekan FMIPA Unila Prof. Warsito mengatakan, SIMIPA merupakan perpaduan dari sistem pelayanan administrasi bagi mahasiswa, dosen, karyawan atau stakeholder. Ke depan, ketika ingin berinteraksi dengan FMIPA atau administrasi, tidak perlu repot membawa berkas. ”Semua bisa dilakukan secara online,” kata Warsito.

Dia mencontohkan, ketika mahasiswa akan mengajukan beasiswa, maka cukup mengunggah berkas-berkas yang diperlukan pada sistem. Kemudian pengelola langsung bisa mengecek, apakah berkas memenuhi syarat atau tidak.

”Jadi tidak ada lagi kertas yang masuk ke fakultas. Surat dibuat otomatis dari sistem. Keuntungannya, fleksibel, hemat waktu dan biaya, rekap data otomatis, tracking data, dan backup data,” uranya.

Warsito melanjutkan, keberadaan SIMIPA juga mampu mengatasi persoalan kekurangan sumber daya manusia. “SIMIPA sangat membantu pekerjaan adminitrasi. Terlebih mengatasi kekurangan karyawan,” kata dia.

Pada bagian lain, Rektor Unila Hasriadi Mat Akin mengapresiasi pengembangan sistem tersebut. Di mana FMIPA memiliki jurusan ilmu komputer yang sudah seharusnya dapat menciptakan kemudahan dalam teknologi.

”FMIPA akan menjadi percontohan, sehingga ke depan seluruh fakultas akan menggunakan sistem tersebut demi kemajuan teknologi dan menunjang ketermudahan administrasi,” kata Hasriadi. (apr/ais)

Komentar

Rekomendasi