oleh

Sah, Rifa’i Melanggar!

RADARLAMPUNG.CO.ID – Dugaan pelanggaran administrasi Pemilu atas terlapor Rifa’i caleg Partai Keadilan Sejahtera (PKS) lantaran masih berstatus Direktur BUMD PD Pasar Tapis Berseri akhirnya diputus.

“Menyatakan terlapor sah dan menyakinkan melakukan pelanggar tatacara dan prosedur administrasi. Memerintahkan KPU Lampung menindaklanjuti sesuai peraturan yang berlaku,” ujar Ketua Majelis Fatikhatul Khoiriyah dalam sidang Rabu (21/11).

Dalam pertimbangannya, anggota Majelis Adek Asy’ari dalam pembacaan pertimbanganya menyebut fakta dalam persidangan telah memenuhi unsur pelanggaran sesuai dengan aturan hukum syarat pencalonan calon anggota DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD kabupaten/kota dalam pemilu 2019.

“Terungkap dalam persidangan terlapor masih menandatangani surat peringatan ke 3 yang ditemukan Bawaslu Bandarlampung atas inisiatif sendiri karena merasa belum ada penggantinya serta mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan,” ujar Adek.

Adek melanjutkan terlapor (Rifa’i) juga mengakui surat pengunduran dirinya sebagai direktur PD Pasar Tapis Berseri tidak dicantumkan dalam pencalonan sebagai calon DPRD Dapil Lampung 1 dilampiran pendaftaran caleg. Terlapor juga mengakui lalai tidak melampirkan pengunduran dirinya sebagai syarat pencalonan.

Terlapor pun masih menerima gaji sebagai Direktur PD Pasar Tapis Berseri secara tunai, namun gaji September sudah dikembalikan pada 12 November. Sementara untuk gaji Agustus belum dikembalikan.

“Dalam fakta persidangan, DPW PKS Lampung juga tidak mengetahui status Rifa’i sebagai direktur PD Pasar, melainkan menuliskan pekerjaan pensiunan ASN di form BB1 dan BB2. Sementara baru diketahui pada persidangan sebagai direktur dari media dan surat keterangan dari Bawaslu bandarlampung.

“Rifa’i tidak memenuhi syarat pendaftaran sebagai caleg DPRD Provinsi Lampung,” jelas Adek. (rma/sur) 

Komentar

Rekomendasi