oleh

Bangun Cluster untuk Hortipark Pesawaran

radarlampung.co.id – Pemerintah Kabupaten Pesawaran sudah membangun cluster untuk Hortipark di Desa Negerisakti, Gedongtataan. Terkait rencana tersebut, pemkab akan meminta dukungan pihak terkait, termasuk provinsi.

”Saat ini cluster sudah kita buat. Kita coba mengajak stakeholder untuk turut berkontribusi. Seperti pemerintah provinsi yang akan membangun gedung kesenian,” ungkap Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona, Kamis (22/11).

Untuk pembangunan laboratorium, terus Dendi, sudah diusulkan ke Kementerian Pertanian. Nantinya mini laboratorium tersebut menjadi tempat masyarakat, petani dan pengunjung hortipark belajar pengolahan biji kakao dari bahan mentah menjadi setengah jadi.

”Di situ (mini laboratorium, Red) dapat mempelajari pengolahan kakao. Mulai dari buah sampai menjadi bubuk atau lemak,” sebut dia.

Dilanjutkan, masih ada lahan seluas empat hektare di lokasi tersebut yang nantinya akan dibangun cluster. Rata-rata luasnya 5.000 meter persegi. Nantinya, setiap bidang akan ditanami tanaman hortikultura.

”Karena itu kita gandeng stakeholder. Seperti PLN, tempo hari sudah bersedia menanam jeruk BW. Lalu BRI memberikan Rp350 juta yang akan dikonversi dalam bentuk tanaman seperti kelengkeng. Konsep yang kita usung, Hortipark tempat wisata edukasi bagi masyarakat,” tegasnya. (ozi/ais)

Komentar

Rekomendasi