oleh

BPBD Tanggamus Segera Usulkan Permohonan Bantuan ke Pusat

radarlampung.co.id – Pemerintah  Kabupaten (Pemkab) Tanggamus melalui  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) berjanji menindak lanjuti harapan masyarakat korban banjir di Kecamatan Kelumbayan. Di mana warga setempat berharap adanya pemasangan beronjong batu dan normalisasi aliran sungai, untuk meminimalisir kembali terjadinya banjir bandang.

Ya, banjir bandang awal November telah menghanyutkan 21 rumah dan meluluh lantakan sarana infrastruktur di daerah setempat. Untuk itu, masyarakat Pekon (desa) Umbar, Kecamatan Kelumbayan mengharapkan adanya pemasangan beronjong dan normalisasi pada aliran sungai way umbar.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanggamus Romas Yadi kepada Radar Lampung mengungkapkan, Pemkab Tanggamus segera mengusulkan proposal permohonan bantuan kepada pemerintah pusat, dalam hal ini Badan Penanggulangan Bencana Nasional. ”Selain itu Pemkab Tanggamus juga akan coba mengalokasikan pada APBD 2019 mendatang,” terangnya.

Diterangkannya, pasca banjir bandang memang ada beberapa hal yang sangat diharapkan masyarakat setempat. Antara lain, pemasangan beronjong batu di sepanjang aliran sungai way umbar yang berbatasan dengan permukiman penduduk, normalisasi aliran sungai, dan pembuatan perumahan bagi 21 warga yang rumahnya hanyut terbawa anjir bandang.

”Khusus pemasangan beronjong pada aliran sungai dan normalisasi harus dilakukan guna mencegah kembali terulangnya banjir menerjang pemukiman penduduk,” pungkas Romas Yadi. (ehl/sur)

Komentar

Rekomendasi