oleh

Target Penyelesaian Bendungan Way Sekampung Dipercepat

RADARLAMPUNG.CO.ID – Pemanfaatan sungai Way Sekampung terus dioptimalkan. Bahkan kini setidaknya ada tiga bendungan besar, yakni Batu Tegi di Kabupaten Tanggamus, Bendungan Way Sekampung di Pringsewu, serta bendungan Marga Tiga di Lampung Timur.

Tak hanya itu menurut Menteri PU dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimulyono saat meninjau breakthrough Tunel 2 pembangunan bendungan Way Sekampung di Pekon Bumiratu, Kecamatan Pagelaran, di antara bendungan itu masih ada bendung Argo Guruh dan Jabung.

“Semuanya dibangun untuk mengoptimalkan penelolaan air Way Sekampung sekarang ini karena potensinya sangat besar,” jelasnya, Kamis (22/11).

Baca :   Cuaca tak Mendukung Pencarian Korban Hanyut Dihentikan

Lebuh lanjut Mentri Kabinet Kerja itu menerangkan, potensi yang besar utamanya irigasi tersebut dapat menaikkan idex pertanaman menjadi 260 persen. “Luasan akan bertambah kalau Batu Tegi 55 ribu ha, dengan selesainya Way Sekampung bertambah 7.500 ha. Nanti bendungan Margatiga mungkin bisa 15 ribu ha,” jelasnya.

Di katakan Basuki Hadimulyono pembangunan bendungan Way Sekampung merupakan satu dari 49 bendungan yang diprogramkan Presiden Joko Widodo. Semula bendungan yang pengerjaannya dimulai September 2016 direncanakan selesai 2020.

“Akan kita coba percepat selesai di 2019. Salah satunya dengan upaya peledakan/blasing,” jelasnya.

Baca :   Pencarian Korban Hanyut di Way Sekampung Masih Nihil

Meski diakuinya dengan metode ini sedikit cukup memakan ongkos tinggi, selain menghemat waktu namun di sisi yang lain ada yang justru menghemat. Di katakannya sekali peledakan bisa 4 ribu meter kubik namun bila menggunakan exavator atau briker tak sebanyak ini yang bisa dikupas.

“Batu yang diledakkan bisa digunakan pengurukan inti bendungan. Jadi tak perlu mendatangkan dari luar,” beber Basuki seraya mengatakan langkah tersebut salah satu upaya mempercepat pengerjaan bendungan. (sag/sur)

 

Komentar

Rekomendasi