oleh

Kelanjutan KIM, Tunggu Kesepakatan Tiga Perusahan

radarlampung.co.id – Pemkab Tanggamus masih menunggu kesepakatan pengelolaan kawasan industri maritim (KIM). Ada tiga perusahaan yang menjadi calon pengelola, yakni Pertamina, Trans Kontinental dan Repindo Jagat Raya.

”Kita masih menunggu kesepakatan ketiga perusahaan itu. Siapa yang akan membangun KIM. Apakah Pertamina menunjuk PT Trans Kontinental atau PT Repindo Jagat Raya,” kata Sekretaris Bappeda Tanggamus Yadi Mulyadi, Jumat (23/11).

Apakah nantinya tiga perusahaan itu bergabung mengelola KIM atau hanya salah satu. Informasi terakhir yang diterima, terus Yadi, kesepakatan tersebut akan diputuskan akhir bulan ini. ”Kesepakatan itu yang masih kami tunggu,” tegasnya.

Sebelumnya, Pemkab Tanggamus membentuk tim percepatan pembangunan KIM. Megaproyek yang digagas sejak 2013 itu sempat terhambat oleh beberapa persoalan. Di antaranya status lahan.

Proyek ini juga menjadi perhatian pemerintah pusat. Beberapa waktu lalu tim dari Bappenas, Kementerian Perindustrian, BPN dan Bappeda Lampung meninjau Batu Balai, yang menjadi salah satu titik pembangunan KIM.

Pemerintah pusat menjadikan KIM sebagai salah satu prioritas.  Pembangunan KIM dilakukan di tiga kecamatan. Yakni Kotaagung Timur, Limau dan Cukuhbalak. (ehl/ais)

 

 

 

 

 

Komentar

Rekomendasi