oleh

Pusat Tergetkan Bangun 65 Waduk

RADARLAMPUNG.CO.ID – Ketersediaan air masih menjadi masalah utama di bidang pertanian. Pekerjaan besar yang dihadapi adalah bagaimana caranya menyediakan air untuk petani. Yakni air untuk irigasi dan sawah.

Tanpa itu, menurut Presiden RI Joko Widodo di hadapan peserta temu petani Lampung di Dusun Playangan, Pekon Pujodadi, Kecamatan Pardasuka, Kabupaten Pringsewu, Sabtu (24/11), lupakan yang namanya ketahanan pangan.

Jokowi yang disambut Bupati Pringsewu H. Sujadi dan Wabup H. Fauzi memaparkan, persoalan air tak hanya dialami provinsi Lampung. Namun juga beberapa provinsi lainnya. “Kenapa air padahal di tempat kita sering turun hujan. Ini karena lokasi tampungan air kurang, bendungan dan waduk kita kurang,” jelasnya.

Orang nomor satu di negara ini tersebut memaparkan, sampai tahun 2014 di seluruh Indonesia hanya memiliki 231 bendungan/waduk. “Saya ingin menginformasikan pada petani, di Tiongkok ada 110 ribu bendungan, India ada 1.500, Amerika 6.100, kita 231 tok bendungan dan waduk,” ungkapnya dengan nadanya yang khas sambil bercanda.

Untuk itu, menurutnya pihaknya akan membangun waduk/bendungan baru yang jumlahnya mencapai 65. Yang dikerjakan di seluruh Indonesia. “Kalau nantinya waduk sudah cukup kita memikirkan irigasinya baik primer, sekunder, dan tersier,” jelas Jokowi. Hal tersebut menurutnya merupakan pekerjaan besar. (sag/sur)

Komentar

Rekomendasi