oleh

Dewi Curhat Soal KIM ke Presiden

radarlampung.co.id – Kesempatan bertemu Presiden Joko Widodo tidak disia-siakan oleh Bupati Tanggamus Dewi Handajani. Dalam pertemuan yang berlangsung di Hotel  Sheraton, Jumat malam (23/11), ia sempat mendiskusikan tindak lanjut pembangunan kawasan industri maritim (KIM).

”Di hadapan presiden, saya sampaikan mengenai KIM dan berharap beliau bisa meninjau langsung salah satu proyek strategis nasional di bidang industri tersebut,” kata Dewi, Minggu (25/11).

Selain KIM, Dewi juga meminta agar pemerintah pusat memprioritaskan sejumlah program pembangunan di kabupaten berjuluk Bumi Begawi Jejama tersebut.

“Program pembangunan tidak hanya dari APBD. Tetapi ada juga yang didanai APBN. Diharapkan, program pembangunan dari APBN bisa banyak lagi ke Tanggamus pada 2019,” urainya.

Harapan sama disampaikan kepada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. Yakni bisa memprioritaskan pembangunan infrastrukutur pusat  yang ada di Tanggamus. Kemudian bantuan lainnya yang berkaitan dengan penanggulangan banjir dan longsor.

“Jangka panjangnya, Bunda (panggilan akrab Dewi, Red) akan meminta dewan riset untuk membuat kajian penanganan masalah banjir dan longsor. Dengan begitu, rancangan dan program apa yang dilaksankan bias tepat. Sehingga langkah pengentasannya bisa efektif dan efisien,” urainya.

Sebelumnya, Pemkab Tanggamus masih menunggu kesepakatan pengelolaan KIM. Ada tiga perusahaan yang menjadi calon pengelola, yakni Pertamina, Trans Kontinental dan Repindo Jagat Raya.

”Kita masih menunggu kesepakatan ketiga perusahaan itu. Siapa yang akan membangun KIM. Apakah Pertamina menunjuk PT Trans Kontinental atau PT Repindo Jagat Raya,” kata Sekretaris Bappeda Tanggamus Yadi Mulyadi, Jumat (23/11).

Apakah nantinya tiga perusahaan itu bergabung mengelola KIM atau hanya salah satu. Informasi terakhir yang diterima, terus Yadi, kesepakatan tersebut akan diputuskan akhir bulan ini. ”Kesepakatan itu yang masih kami tunggu,” tegasnya. (iqb/ais)

 

 

 

Komentar

Rekomendasi