oleh

Longsor Sekarang, Kok Besok Baru Ditinjau?

radarlampung.co.id – Pemerintah Kabupaten Lampung Barat belum mengambil langkah terkait longsor di Kelurahan Fajarbulan, Kecamatan Waytenong, Lampung Barat, Minggu (25/11). Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lampung Barat baru akan berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk meninjau lokasi longsor besok.

”Kami sudah terima laporan longsor di Fajarbulan. Kami akan koordinasi dengan Dinas PUPR. Rencananya kami akan turun ke lapangan bersama-sama besok,” kata Kepala BPBD Lampung Barat Maidar.

Menurut dia, ancaman longsor di lokasi tersebut sebenarnya sudah terjadi cukup lama. Pihaknya telah beberapa kali melakukan peninjauan. Namun BPBD tidak bisa berbuat banyak. Sebab penangananna membutuhkan anggaran besar.

”Untuk longsor di lokasi itu tidak gampang penanganannya. Ini disebabkan air dari permukiman warga. Tidak mungkin kita bendung airnya atau kita alihkan ke permukiman. Karena itu sejak ada ancaman longsor, kami hanya sebatas mengimbau agar masyarakat yang berada dekat dengan lokasi untuk pindah ke tempat yang aman,” paparnya.

Terkait dana kedaruratan yang dimiliki daerah, Maidar mengatakan baru dianggarkan tahun 2019 mendatang. ”Selain itu, kami juga akan berkoordinasi dengan BNPB untuk meminta bantuan guna penanganan longsor di wilayah tersebut,” sebut dia. (nop/ais)

 

Komentar

Rekomendasi