oleh

Kejar Penghargaan Kementerian, Jadikan SMP dan Desa Ramah Anak

radarlampung.co.id – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Pesawaran terus berupaya menjadikan wilayah tersebut sebagai kabupaten layak anak.

Salah satunya menjadikan SMPN 1 dan SMPN 19 Pesawaran sebagai pilot project sekolah ramah anak. Kemudian  Desa Paguyuban dan Wiyono sebagai desa yang memiliki ruang atau taman untuk anak-anak

Kepala Dinas PPPA Pesawaran Binarti Bintang mengatakan, beberapa waktu lalu bupati mendapat penghargaan atas komitmen menjadikan Pesawaran sebagai kabupaten layak anak.

”Nah, saat ini kita berupaya meraih penghargaan dari Kementerian. Minimal penghargaan pratama sebelum menuju nindia,” kata Binarti Bintang kepada Radarlampung.co.id, Senin (26/11).

Menurut dia, kriteria untuk mendapat penghargaan kabupaten layak anak di antaranya harus ada sekolah ramah anak, puskesmas ramah anak dan taman bermain anak. ”Sekolah ramah anak, indikatornya kamar kecil harus terpisah dan bersih. Ada laboratorium bahasa, IPA, CCTV, kantin sehat dan kriteria lainnya,” urainya.

Dilanjutkan, untuk pilot project puskesmas ramah anak adalah Puskemas Padangcermin. Sementara untuk taman bermain yang sudah siap terletak di Desa Paguyuban dan Waylayap, Gedongtataan.

”Selain taman bermain anak, di desa tersebut harus tersedia perpustakaan, wifi gratis, posyandu dan fasiltas lainnya. Untuk mewujudkan hal itu, kita butuhkan sinergi antar OPD seperti Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Dinas Perpustakaan dan dinas lainnya,” tegasnya. (ozi/ais)  

 

 

Komentar

Rekomendasi