oleh

Lapak Online Perorangan, Modus Baru Peredaran Kosmetik Ilegal

radarlampung.co.id – Kepala Balai Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Kota Bandarlampung, Syamsuliani mengungkaokan bahwa jual beli online menjadi salah satu cara penjual untuk mengedarkan kosmetik, obat, dan makanan ilegal.

“Modus baru tahun 2018 adalah online dari lapak perorangan. Berbeda dengan tahun lalu yang juga modus online tapi dari lapak otlet-otlet pedagang seperti kosmetik,” katanya saat jumpa pers pemusnahan obat dan makanan di kantor BBPOM setempat, Senin (26/11).

Untuk menekan peredaran barang ilegar tersebut, lanjutnya, BBPOM Bandarlampung melakukan langkah preventif berupa proses hukum bagi pelakunya dengan bekerjasama pihak Polda dan Kejati Lampung.

“Jadi kalau sudah berkali-kali, para pelaku akan diseret ke jalur hukum. Sampai saat ini sudah delapan kasus masuk pengadilan sepanjang 2018,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Kasi Keamanan Negara dan Ketertiban Umum Kejati Lampung, Nixon Lubis menambahkan, kedelapan pelaku yang terjerat UU Perlindungan konsumen oleh BBPOM Bandarlampung tersebut telah di tahan. “Ya sudah kita tahan,  terungkap modus yang dilakukan para pelaku dengan jual beli secara online, karena masyarakat hanya liat secara visual saja,” tandasnya. (pip/kyd)

Komentar

Rekomendasi