oleh

Paripurna Tiga Jam, APBD Lamteng Disahkan

radarlampung.co.id – Berbeda dengan sebelumnya, paripurna pengesahan APBD 2019 berlangsung cukup lama. Seluruh fraksi di DPRD Lampung Tengah, minus Fraksi PKB memberikan pandangan.

Rapat yang berlangsung mulai pukul 14.00 WIB tersebut, baru selesai pukul 17.15 WIB. ”Kita mendapat teguran dari provinsi agar pandangan fraksi dibacakan. Supaya masyarakat bisa  mengetahuinya,” kata salah seorang anggota DPRD Lamteng  I Kadek Asian Nafiri.

Sementara dalam paripurna tersebut, APBD 2019 Lampung Tengah mencapai Rp2,712 triliun lebih atau meningkat dari APBD 2018 sebesar Rp2,535 triliun lebih.

Dalam tanggapannya sebelum pengesahan, Bupati Lampung Tengah Loekman Djoyosoemarto menyatakan, peningkatan PAD sudah menjadi komitmen sesuai potensi yang ada di kabupaten itu.

“Kita apresiasi apa yang menjadi masukan DPRD tentang upaya peningkatan PAD. Ini sudah jadi komitmen. Karena itu kita buat tim intesifikasi pemasukan daerah untuk menarik objek pajak,” kata Loekman.

Terkait harapan adanya Samsat Pembantu di wilayah Barat dan Timur, Loekman menyatakan, hal tersebut juga menajdi perhatian pemerintah kabupaten. ”Kita sudah koordinasi dengan provinsi dan usulkan. Tapi provinsi ada pertimbangan karena melibatkan pihak lain. Pihak Jasa Raharja dan kepolisian belum memenuhi,” ujarnya.

Untuk kenaikan sektor pajak, Loekman menyatakan akan mengkaji sehingga hasilnya signifikan. “Begitu juga masalah penambangan pasir, jadi perhatian. Kita koordinasi dengan provinsi, karena kewenangannya di sana. Peran serta masyarakat dalam gotong royong juga jadi komitmen kita. Masyarakat bisa mandiri. Ronda juga akan kita aktifkan kembali dengan membangun kesadaran masyarakat,” urainya.

Terakhir, Loekman berharap kepada legislatif untuk membangun Lamteng bersama-sama. “Marilah berpikir, membangun Lamteng jadi tanggung jawab kita bersama. Butuh kerja sama yang baik. Saya akan lebih berkarya dan kerja nyata. Kebiasaan yang buruk harus kita tinggalkan. Misalnya dalam undangan, saya akan ontime. Toleransi hanya 30 menit,” tutupnya. (sya/ais)

 

Komentar

Rekomendasi