oleh

Bawaslu Lamsel Rahasiakan Hasil Klarifikasi Ketua PPS Banding

radarlampung – Bawaslu Lampung Selatan (Lamsel) mulai memproses adanya laporan yang masuk terkait dugaan pelanggaran kode etik Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) di kabupaten setempat.

Ketua Bawaslu Lamsel Hendra Fauzi mengatakan, baru satu terlapor yang memenuhi panggilan klarifikasi. Yakni Ketua PPS Banding, Koharuddin. Sayangnya, dia masih merahasiakan hasil klarifikasi terhadap yang bersangkutan.

Dalam kasus ini, Bawaslu Lamsel baru menetapkan dugaan pelanggaran kode etik. Sementara dugaan adanya unsur pidana pemilu masih dalam pendalaman. “Iya baru dia, katanya ada PPK tapi belum tau. Nanti saja ya, tunggu semuanya lengkap,” kata Hendra saat dihubungi melalui ponselnya, Selasa (27/11).

Terpisah, Komisioner KPU Lampung Sholihin mengatakan sedang mendalami kasus ini. Menurutnya, jika memang adanya keterlibatan penyelenggara, maka terindikasi juga pidana hukum.

“Ini perlu investigasi lebih dalam. Kalau memang terbukti, ada upaya masif yang di kooridinir oleh penyelenggara pemilu. Bukan hanya pelanggaran kode etik yang akan kami laporkan. Kalau memang terbukti ada politik uang kita ke Gakkumdu, dan pidananya kita lapor ke kepolisian,” tandasnya.

Diketahui, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Rajabasa melaporkan enam orang panitia penyelenggara Pemilu di wilayah setempat, ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lampung Selatan, Kamis (22/11).

Dilaporkannya keenam panitia penyelenggara Pemilu tersebut, karena Panwaslu Rajabasa mengendus adanya dugaan keterlibatan para panita penyelenggara pemilu tersebut dalam memberikan dukungan kepada salah satu Calon Legislatif (Caleg) DPR-RI Nomor Urut 2 dari Partai Demokrat yakni Imer Darius untuk Daerah Pemilihan (Dapil) I Lampung, Wilayah Kabupaten Pesawaran dan Lampung Selatan.

Keenam penyelenggara pemilu yang dilaporkan itu adalah Anggota PPS Kotaguring Andi Wahyudi, Ketua PPS Banding Koharuddin, Ketua PPS Waymuli Nasrultami, Ketua PPS Waymuli Timur Santawi, Ketua PPS Kerinjing Aminuddin dan Ketua PPK Kecamatan Rajabasa Nasrul Musa. (rma/kyd)

Komentar

Rekomendasi