oleh

Beli Gas Melon, Tunjukkan KTP Dulu!

radarlampung.co.id – Pola pembelian elpiji tiga kilogram berubah. Masyarakat harus menunjukkan KTP saat membeli gas bersubsidi tersebut.

Hal tersebut terungkap dalam focus group discussion (FGD) Tata Niaga dan Pengawasan Pendistribusian elpiji tiga kilogram di Lampung yang berlangsung di aula Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Selasa (27/11).

Kabid Energi Dinas ESDM Lampung Jefri Aldi mengatakan, ke depan bakal ada peraturan gubernur (Pergub) tentang tata niaga dan pengawasan pendistribusian elpiji tiga kilogram.

Pengguna elpiji tiga kilogram atau yang dikenal dengan gas melon dibagi dua. Yakni kelompok rumah tangga yang harus memiliki beberapa kriteria. Di antaranya memiliki KTP Lampung dan kartu keluarga (KK), atau identitas lainnya yang dikeluarkan dan disahkan oleh lurah setempat.

Kemudian terdaftar dan terverifikasi sebagai pengguna elpiji tiga kilogram, di RT, RW dan kelurahan sesuai domisili tetap. Lalu, tidak menggunakan bahan bakar tersebut selain untuk keperluan memasak dan penerangan.

Kelompok kedua adalah usaha mikro. Syaratnya, usaha telah diverifikasi oleh organisasi perangkat daerah (OPD) yang menangani. Meliputi jenis usaha, peralatan, dan sarana penunjang serta jumlah kebutuhan elpiji selama satu bulan.

”Lalu, memenuhi kriteria sebagai usaha mikro sesuai ketentuan perundang-undangan,” kata dia. (abd/ais)

Komentar

Rekomendasi