oleh

Kelola Wakaf, BWI Lampung Terapkan Sistem Transparansi

radarlampung.co.id – Badan Wakaf Indonesia (BWI) Lampung menyatakan akan transparan dalam mengelola wakaf aset dan wakaf tunai yang ada di provinsi Lampung.

Ketua BWI Lampung Ir. H. Firmansyah Y. Alfian mengatakan, potensi wakaf di Lampung setidaknya mencapai 5.194 hektar (Ha) untuk wakaf aset yang tersebar di 15 kabupaten/kota di Lampung. Itu belum termasuk wakaf uang sesuai program utama pengurus.

“Bahkan kami memperkirakan potensinya bisa mencapai lebih 20 ribu hektar, tapi kami berjanji akan mengelolanya dengan transparan. Kawan-kawan media dan masyarakat yang akan mengawasi kami, tentu pengawasan Allah S.W.T. adalah yang paling akurat,” kata Firmanysah usai dikukuhkan bersama pengurus masa jabatan 2018-2021 di Balai Keratun, Kantor Gubernur Lampung, Selasa (27/11).

Ia menjelaskan, bentuk transparansi yang dijanjikan berupa website yang memuat seluruh informasi perwakafan yang ada di Lampung. Selain itu, akan dilakukan upaya literasi bagi masyarakat supaya memahami pentingnya berwakaf, demi kesejahteraan masyarakat Lampung.

PAda kesempatan yang sama, Ketua BWI Pusat Prof. Dr. H. Mohammad Nuh juga mengatakan, potensi wakaf sangat besar, maka setidaknya diharapkan dapat mengurangi kemiskinan di Indonesia, khususnya provinsi Lampung.

“Wakaf itu ibarat induk ayam, maka induknya tidak boleh di jual atau di potong atau dimatikan. Nah anakan ayamnya itulah hasil yang boleh dibagi atau dikelola supaya menghasilkan yang lebih besar lagi. Saya yakin bila itu terus dilakukan, Indonesia sejahtera, sejarah Islam juga mencatat bahwasanya wakaf menjadi salah satu solusi dalam membangun sebuah bangsa yang sejahtera,” pungkasnya. (apr/kyd)



Komentar

Rekomendasi