oleh

Tingkatkan Program Dukung Produktivitas Pertanian

radalampung.co.id – Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat berupaya menjamin ketersedian pangan dengan cara meningkatkan produksi hasil-hasil pertanian, terutama padi. Terlebih, stabilitas nasional erat kaitannya dengan kecukupan dan ketersediaan pangan masyarakat.

Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal mengatakan, sumber daya lahan pertanian di kabupaten itu mencapai 224.681 hektare (Ha).  Untuk luas sawah sebanyak 8.778 Ha dan lahan kering untuk pertanian tanaman pangan seluas 20.886 Ha.

Peruntukan lahan pertanian lainnya antara lain untuk perkebunan, perikanan, hutan rakyat, dan lainnya. ”Apabila sumber daya ini terus kita kelola dengan baik, ditambah dengan masukan teknologi budidaya yang sempurna, maka target pemerintah untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat Pesisir Barat akan tercapai,” kata Agus dalam temu lapang tanam perdana padi di Pekon Mon, Kecamatan Ngambur, Selasa (27/11).

Menurut Agus, untuk mendukung upaya peningkatan produktivitas lahan pertanian, Pemkab Pesisir Barat menggulirkan sejumlah program. Antara lain pembangunan pintu air, dam parit, long storage, embung dan rehab jaringan irigasi.

”Selanjutnya bantuan alat dan mesin pertanian, baik pra panen maupun pasca panen, bantuan benih dan pupuk bersubsidi untuk tanaman pangan,” urainya. (rls/tri/ais)

Komentar

Rekomendasi