oleh

Ini Rekomendasi Tim Investigas Penanganan Bencana Tanggamus

radarlampung.co.id – Tim investigasi yang dibentuk Pemkab Tanggamus untuk penanganan banjir bandang di Pekon Umbar, Kecamatan Kelumbayan merekomendasikan beberapa hal terkait penanggulangan bencana tersebut.

Di antaranya normalisasi sungai dan pembuatan tanggul pada titik-titik yang dianggap perlu. Kemudian pembuatan embung pada anak-anak sungai di bagian hulu, membuat papan informasi atau imbauan larangan mendirikan bangunan di bantaran sungai, membuat batas garis sempadan sungai, membuat rambu dan jalur evakuasi bencana.

Sekretaris Kabupaten Tanggamus Hamid H. Lubis mengatakan, tim investigasi dibentuk untuk menganalisa dan mengkaji penyebab banjir bandang di Pekon Umbar dan sekitarnya.

Kemudian memberikan rekomendasi kepada pemerintah daerah untuk penanganan, perbaikan dan pencegahan banjir ke depan.

”Rekomendasi lain adalah kegiatan konservasi hutan lindung di Register 27 dan register 26.  Penanaman pohon jenis tertentu di sepanjang daerah aliran sungai, memberikan sosialisasi dan pembinaan kepada masyarakat untuk mencegah dan menanggulangi bencana erta lainnya,” Hamid, Kamis (29/11).

Diketahui, banjir bandang di Kecamatan Kelumbayan menyebabkan 310 rumah warga  terendam. Dari jumlah itu, 22 unit hanyut terbawa arus, 114 rumah rusak berat serta 174 rusak ringan. Banjir juga merusak bronjong dan tanggul induk sungai Way Umbar.

Pemkab Tanggamus telah mengajukan usulan permohonan bantuan kepada pemerintah pusat. ”Pemkab Tanggamus juga segera menindaklanjuti hasil rekomendasi tim investigasi ini,” ujarnya. (ehl/ais)

 

Komentar

Rekomendasi