oleh

Jaga Populasi Badak, Jangan Sampai Punah!

radarlampung.co.id – Populasi Badak Sumatera kian mengkhawatirkan. Bahkan kondisi ini menjadi perhatian dunia internasional dan menyatakan status hewan tersebut dalam konservasi kritis. Satu tingkat di bawah status konservasi punah.

Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal mengatakan, di Sumatera, populasi badak terkonsentrasi di Taman Nasional Bukit Barisan dengan jumlah 60-80 ekor. Kemudian Taman Nasional Gunung Leuser dengan populasi sama, Taman Nasional Way Kambas berjumlah 15-25 ekor dan Taman Nasional Kerinci Seblat diperkirakan telah punah.

”Populasi Badak Sumatera semakin menurun karena perburuan liar untuk mengambil cula dan anggota tubuh lainnya. Faktor utama penurunan populasi adalah berkurangnya habitat akibat deforestasi hutan dan kebakaran hutan,” kata Agus dalam pelatihan kajian penghidupan berkelanjutan di Sunset  Beach  Losmen, Pesisir Tengah.

Kegiatan tersebut bertujuan menggali potensi dan program sebagai bahan masukan untuk revisi RPJMDes dan konsorsium desa. Salah satu fokusnya terkait pelestarian Badak Sumatera di Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS).

Agus mengajak masyarakat mencintai alam sebagai warisan untuk generasi mendatang. ”Kemudian turut berpartisipasi aktif dalam memulihkan kondisi kawasan dan penyelamatan makluk hidup yang hidupnya tergantung pada hutan,” tegasnya. (try/ais)

Komentar

Rekomendasi