oleh

Jual Beli Bangku Unila, Widya Dituntut 32 Bulan Penjara

radarlampung.co.id – Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Bandarlampung, Adhi Putra Graha menuntut Widya Krulinasari, oknum dosen Fakultas Hukum Universitas Lampung (Unila) dengan pidana 32 bulan penjara.

Jaksa menilai, perbuatan Widya meminta mahar Rp350 juta ke Richard Sagala untuk meluluskan anaknya, Yollanda Natalia ke Fakultas Kedokteran dalam SBMPTN 2017 memenuhi unsur dalam dakwaan primer, yakni pasal 378 KUHP tentang Penipuan.

“Meminta majelis hakim menjatuhkan pidana penjara selama 2 tahun dan 8 bulan penjara,” ujar Jaksa Adhi saat sidang di Pengadilan Negeri Kelas IA Tanjungkarang, Kamis (29/11).

Usai sidang, kuasa hukum Widya, Munadi Afrizal menyatakan bahwa pihaknya akan mengajukan permohonan pembelaan ke majelis hakim. “Kita akan ajukan pledoi Minggu depan. menurut kita tuntutan ini terlalu tinggi dari fakta persidangan klien kita sebagai korban. Terdakwa ini hanya sebagai perantara,” jelasnya.

Diketahui, dalam dakwaan jaksa, Richard Sagala yang merupakan korban pada Mei 2017 meminta keponakannya Francis mencarikan seseorang yang bisa meluluskan anaknya ke Fakultas Kedokteran Unila. Bertemulah Francis dengan Widya. Dia meminta uang Rp350 juta sebagai syarat agar bisa lulus SBMPTN. Apabila tidak lolos maka uang dikembalikan. (nca/kyd)

Komentar

Rekomendasi