oleh

PMI Tubaba Nyatakan Siaga Bencana

RADARLAMPUNG.CO.ID – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) memastikan pihaknya akan siaga 24 jam jika terjadi bencana. Kepala Markas PMI Tubaba Sugeng Riyanto, S.Kom, mengatakan, penyiagaan personel PMI Tubaba ini dilakukan guna mengantisipasi bencana di musim penghujan yang baru mulai saat ini.

Selain personel, PMI Tubaba juga menyiagakan peralatan pertolongan pertama bagi korban jika lokasi bencana jauh dari fasilitas kesehatan yang ada. “Personel, peralatan, termasuk mobil kami siap siaga, karena bisa saja terjadi bencana swaktu-waktu yang tidak kita duga sebelumnya,” terang Sugeng kepada radarlampung.co.id Jumat (30/11) pagi.

Meski demikian, Sugeng mengaku tidak pernah berharap ada peristiwa bencana di Bumi Ragem Sai Mangi Wawai. Karena pada tahun-tahun sebelumnya tidak pernah ada bencana dalam wilayah yang disangga sembilan kecamatan ini. “Namun antisipasi itu sangat penting, lebih baik bersiap-siap agar ketika dibutuhkan tidak ada kendala lagi,” tegasnya.

PMI Tubaba khususnya sebagai lembaga kemanusiaan akan selalu bekerja sesuai dengan prosedur sebagaimana yang telah di atur dalam Undang-Undang PMI No. I Tahun 2018 tentang Kepalangmerahan.

Selain itu, pihaknya juga kini tengah memperbanyak stok darah. Sebab diikhawatirkan pada musim penghujan nyamuk malaria akan banyak berkembang biak sehingga berpotensi meningkatkan penderita deman berdarah dengue (DBD).

“Kita sekarang keliling ke para pendonor guna mengecek kesiapan mereka jika sewaktu-waktu dibutuhkan, kalau stok selalu tersedia, namun jumlah yang ada di lemari pendingin tidak banyak karena kapasitasnya kecil,” tutupnya. (fei/sur)  

Komentar

Rekomendasi