oleh

Total, 1.077 Rumah di Rangai Tritunggal Terendam

radarlampung.co.id – Banjir yang terjadi di Desa Rangai Tritunggal, Kecamatan Katibung, Lampung Selatan menyebabkan 1.077 rumah terendam. Dari jumlah tersebut, dua rumah rusak berat dan tiga terkena longsor.

Menurut Kasi Perencanaan dan Pembangunan Desa Rangai Tritunggal Mibahudin, dari 13 dusun, hanya dua yang tidak terdampak banjir. ”Setelah kami data, seluruhnya ada 1.077 rumah yang terkena banjir di Desa Rangai. Wilayah yang tidak terkena adalah Dusun Wayharong dan Gotongroyong,” kata  Mibahudin, Jumat (30/11).

Sementara untuk kerugian belum bisa dipastikan. ”Kami masih fokus pada pendataan rumah dan jiwa,” sebut dia.

Terpisah Kepala Dusun BRI (Bumi Rangai Indah) Utara Desa Rangai mengatakan, banjir disebabkan gorong-gorong aliran air menuju laut mengecil. Akibatna air tak keluar ke laut lepas.

“Gorong-gorong itu kecil. Ditambah lumpur yang menutupinya. Makanya air nggak keluar ke laut dan mengendap,” kata dia.

Menurut dia, di Gunung Way Harong, terdapat empat aliran sungai yang mengarah ke Desa Rangai. Dua di antaranya mengalir hingga laut lepas.

Namun yang menjadi persoalan, gorong-gorong tersebut memiliki luas kurang dari satu meter. Hal ini menyebabkan debit air dari sungai, tidak sebanding dengan lebar gorong-gorong.

“Apalagi kalau hujan deras seperti ini. Debit airnya lebih banyak. Nggak sesuai dengan gorong-gorong,” sebut dia. (yud/ais)

 

Komentar

Rekomendasi